Image

Buku Seri Penelitian Kualitatif (New)

Buku Seri Penelitian Kualitatif (New)

Ini adalah buku seri penelitian kualitatif yang mengkhususkan pada bidang pendidikan. Bahasan penelitian kualitatif pendidikan dalam buku ini terdapat 4 bab. Bahasan pertama diawai dengan kompleksitas pendidikan yang membutuhkan pemecahan masalah alternatif dengan penelitian yang tidak melulu kuantitatif. Dibutuhkan alternatif dan keberagaman penelitian dalam menyelesaikan masalah pendidikan, karena pendidikan adalah upaya pembudayaan manusia dalam interaksi sosial yang kompleks dan kaya.
Pembahasan dilanjutkan dengan menerangjelaskan penelitian kualitatif. Bagi sebagian orang yang masih terpaku pada tradisonal riset seringkali membandingkan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif. Tentu hal ini tidak ada salahnya, namun penelitian kualitatif memiliki tujuan yang berbeda dengan penelitian kuantitatif. Meski beberapa tokoh berupaya mensejajarkan unsur apa yang ada dalam penelitian kuantitatif seperti validitas dan reliabilitas. (p. 100). Namun pada akhirnya penelitian kualitatif memiliki sejumlah indikator pemeriksaan keabsahan data yang kaya dan terus berkembang. Serta beberapa kekhasan yang terdapat dalam penelitian kualitatif yang tentu berbeda dengan penelitian kuantitatif.
Bahasan Penelitian Kualitatif Pendidikan dipaparkan pada bab 3, banyak ragam yang dapat digunakan dalam penelitian pendidikan bergantung kepada apa yang menjadi tujuan penelitian (p. 125). Pada bab ini juga dibahas bagaimana tahapan dan proses penelitian. Pemahaman secara utuh tentang proses penelitian (p. 144). Adapun ragam penelitian kualitatif bisa ditemui di hal 133, mengadopsi Hatch tidak kurang dari 17 ragam penelitian kualitatif. Sebagian kecil akan dibahas secara spesifik pada bab berikutnya.
Bab 4, membahas ragam penelitian berikut dengan contoh penelitian. Adapaun ragam penelitian kualitatif pendidikan yang dibahas yaitu Studi Kasus, Etnografi, Grounded Theory, Fenomenologi dan Fenomenografi.
Guna mendapatkan gambaran dan pemahaman yang menyeluruh tentang isi buku ini. Dapatkan bukunya dan selamat membaca. Nusa Putra (2012) Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2012. Harga Rp. 66.000,- jumlah hal 279. (Ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s