Einstein

Enstein

Enstein mengetahui banyak hal, memecahkan banyak masalah rumit yang tak dimengerti bahkan oleh seniornya Max Planc. Dia meruntuhkan teori Newton yang telah bertahan dalam abad-abad yang panjang. Dia dapat menjelaskan lintasan merkurius secara matematis. Newton tak dapat melakukannya. Dia ilmuwan dan genius terbesar, melampaui Newton dan siapa pun. Tetapi, banyak hal yang tidak dia mengerti. Ketakmengertiannya tidak menggugurkan kegeniussannya, karena dia manusia yang tak pernah berhenti mencari dan memburu kebenaran yang seringkali lebih licin dari belut. Dia sepenuhnya sadar, dalam banyak ketidakmengertian kita sebagai manusia, kita toh dapat mengunkapkan banyak hal jika memiliki kesungguhan, ketekunan, dan keyakinan.

Teori pembelokan cahaya yang dirumuskan Einstein yang bekerja di Jerman, dibuktikan oleh Eddington, fisikawan Inggris ,ketika kedua negara itu sedang berada dalam api peperangan. Kebenaran memang selalu mengatasi keraguan, meski tak pernah mudah. Kebenaran memang tak pernah berujung. Kebenaran lebih mirip horison hati, daripada horison samodra, misterius dan terus menantang untuk diungkapkan. Karena itu filsuf besar Imanuel Kant percaya selain fenomena ada noumena, benda pada dirinya sendiri yang tak pernah bisa kita masuki dan mengerti. Sekarang kutegaskan padamu, TAK ADA PENGHUNI TERAKHIR DALAM RUMAH KEBENARAN! *(Nusa Putra)

22 thoughts on “Einstein

  1. berarti sebenrnya setiap manusia itu pintar dan punya kemampuan masing2 ya pak ? tapi manusianya aja yang belom tau kemampuannya

    tapi ko ilmu bisa juga jadi jurang buat menghancurkan sih pak ? padahal ilmu itu sendiri yang jadi acuan manusia kalo mau belajar ehehe ;D

  2. Indrianie Dewi P.IPS REG 2012,
    Menurut saya dari tulisan ini, mendeskripsikan ilmu dapat diperoleh siapa saja dan dalam ke geniusan sesesorang tidak dapat dilihat dari umur. Memang benar jika semua hal yang ada di alam semesta ini penuh dengan misteri. Oleh karena itu manusia tidak pernah berhenti mencari untuk mengungkapkan kebenarannya. Walupun terkadang semakin tinggi ilmu yang kita peroleh dapat menjadi bumerang terhadap sesama manusia. Karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang sangat egois dan selalu ingin terdepan dan terkuat.

    1. Indrianie Dewi P.IPS REG 2012,
      Menurut saya dari tulisan ini, mendeskripsikan ilmu dapat diperoleh siapa saja dan dalam ke geniusan sesesorang tidak dapat dilihat dari umur. Memang benar jika semua hal yang ada di alam semesta ini penuh dengan misteri. Oleh karena itu manusia tidak pernah berhenti mencari untuk mengungkapkan kebenarannya. Walupun terkadang semakin tinggi ilmu yang kita peroleh dapat menjadi bumerang terhadap sesama manusia. Karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang sangat egois dan selalu ingin terdepan dan terkuat.
      Manusia berlomba-lomba untuk memecahkan misteri kebenaran yang ada di alam semesta ini. Memang tidak mudah untuk memecahkan kebenaran, pasti selalu disertai pro dan kontra untuk suatu kebenaran yang terungkap. Ilmu tiada habisnya untuk diungkapkan. Disertai dengan kesungguhan, ketekunan, dan keyakinan untuk terus mencari kebenarannya.

  3. Dalam tulisan Einstein ini di jelaskan bahwa konsep kebenaran tidaklah datang dengan sendirinya. Melainkan haruslah di cari dan di buru dengan usaha serta kerja keras seperti yang telah di lakukan oleh Einstein. Konsep kebenaran merupakan suatu proses atas upaya kesungguhan, ketekunan, dan keyakinan manusia terhadap apa yang di ragukan olehnya.

    Kebenaran bukanlah proses akhir, melainkan suatu kepastian yang telah terlepas dari belenggu keraguan. Kebenaran memiliki sifat mendalam dan tak terhingga (infinitif). Sehingga kebenaran yang ada di dunia ini adalah bersifat kebenaran relatif bukan kebenaran mutlak. Sebab kebenaran mutlak atau absolut hanya berada dalam kehidupan manusia setelah wafat(kehidupan di akhirat).

    Mamay Gumelar
    4915 12 2541
    PIPS REG 2012

  4. Assalamualaikum wr wb

    saya ingin berkomentar dan menganalisis sedikit mengenai tulisan bapak di atas yang berjudul Einstein .saya melihat tulisan di atas sangat berkaitan sekali dengan pembelajaran dari filsafat ilmu . dimana pada pada tulisan di atas menerangkan mengenai seorang Einstein yang menyadari bahwa masih banyak ketidakmengertian dalam dirinya akan tetapi bisa mengungkapkan hal yang tidak ia mengerti dengan keyakinan,kesungguhan dan keuletannya.
    penemuan dan teori yang dilakukan oleh Einstein telah menjawab keragauan yang selama ini ada meskipun tidak mudah karena dalam filsafat ilmu sebuah kebenaran tak pernah berujung. ini berarti dalam sebuah ilmu filsafat tidak ada kebenaran yang abadi karena disetiap kebenaran dari pertanyaan akan menimbulkan pertanyaan lagi yang tidak berujung.

    terima kasih.

  5. di dalam tulisan ini kita bisa mengambil pelajaran untuk kehidupan ,dimana pribadi seorang einsten yang sangat peka dengan sesuattu yang tidak ia ketahui dan berusaha ingin mengetahuinya,berbeda dengan manusia pada umumnya yang menganggap hal yang biasa yang terjadi di dalam kehidupannya,sikap yang tekun dan ulet patut kita contoh di setiap tindakan di dalam kehidupannya tidak ada kata menyerah,mungkin bagi einsten di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin bila kita berusaha dan tekun dan di imbangi denga berdoa.hal inilah yang belum ada pada diri kita sikap pantang menyerah yang di contohkan oleh einsten
    ,dan di dalam tulisan ini juga einsten memberikan manfaat bagi orang banyak dalam hal ke ilmuan,hal ini lah yang seharusnya kita contoh pula,dimana kita berada kita harus bisa bermanffaat untuk orang lain baik sekarang ataupun untuk di masa yang akan datang sama seperti einsten dengan keilmuannya.

  6. sebenarnya banyak makna yang terdapat dalam tulisan di atas. Bahkan isi dari tulisan tersebut lebih banyak kandungan maknanya dari pada tulisannya. Namun tulisan terebut takkan bisa dimengerti hanya dengan sekali baca. Ada beberapa kalimat yang takkan bisa kita mengerti hanya dengan melihat bentuk kalimatnya saja, perlu pemahaman yang mendalam untuk memahaminya, seharusnya ada beberapa kalimat yang dapat dijabarkan lebih mendalam lagi.
    Mungkin makna yang saya tangkap setelah membaca tulisan terebut adalah setiap manusia memiliki sisi gelapnya masing-masing, jika ada cahaya yang menerangi suatu benda pasti akan ada bayangannya, dan tentu ada bagian terangnya. Semua manusia pasti memiki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tingga bagaimana setiap individu mengolah dan menempatkan kekurangan dan kelibihannya itu menjadi suatu keuntungan bagi dirinya.
    Seperti yang dikatakan oleh Einstein “tantangan yang kita hadapi hari ini tidak dapat dipecahkan dengan cara berpikir yang lalu.” Teori-teori atau temuan-temuan yang hebat hari ini, seiring berjalannya waktu pasti akan tergantikan oleh Sesuatu yang baru.Segala permasalahan yang ada itu tidak akan selamanya sama, dan cara pemecahannyapun selalu berubah. Setiap masalah yang terpecahkan selalumenghasikan kebenaran. Oleh karena itu kebenaran tidak akan pernah berujung, tidak akan pernah berakhir, dan tidak ada yang terakhir, selama manusia dan permasalahan-permasalahannya hidup di dunia ini. TAK ADA PENGHUNI TERAKHIR DALAM RUMAH KEBENARAN! *(Nusa Putra)

  7. Nama : Nurkhasanah
    NIM : 4915122553
    Pendidikan IPS Reg 2012

    Dia ilmuwan dan genius terbesar, melampaui Newton dan siapa pun. Tetapi, banyak hal yang tidak dia mengerti. Ketakmengertiannya tidak menggugurkan kegeniusannya, karena dia manusia yang tak pernah berhenti mencari dan memburu kebenaran yang seringkali lebih licin dari belut. Dia sepenuhnya sadar, dalam banyak ketidakmengertian kita sebagai manusia, kita toh dapat mengunkapkan banyak hal jika memiliki kesungguhan, ketekunan, dan keyakinan.
    Paragraph diatas menurut saya menunjukkan betapa Einstein adalah orang yg rendah hati dengan kegeniusan yang dimiliki olehnya, dia orang yang kita anggap sangat genius tetapi di dalam dirinya ia menganggap bahwa dirinya hanyalah orang yang berusaha untuk selalu mencari jawaban dari sesuatu hal yang tidak ia mengerti.
    Lalu Einstein juga orang yang selalu bersungguh-sungguh dengan sesuatu hal yang ingin ia ketahui dengan menunjukkan kesungguhan, ketekunan, dan keyakinan dalam setiap usahanya menemukan suatu hasil (penemuan hebat di dunia saat ini).
    Tulisan di atas menunjukkan pada kita semua untuk tetap rendah hati dengan segala hal yang telah kita miliki, dan kita harus tetap beranggapan bahwa diri kita ini belum mengerti tentang semua hal,agar kita senantiasa mencoba untuk tetap belajar dan belajar.

  8. nama : silvia radita
    nim : 4915122560
    cerita einsten ini bisa sangat menginspirasi kita. Dia selalu menemukan jawaban-jawaban dari permasalahan yang telah dia kerjakan. Masih banyak yang belum einstein mengerti tetapi dia terus dan tetap berusaha mencari sebuah permasalahan dari ketidakmengertiannya. Semangat einstein ini sangat patut di contoh karena dia tidak mudah menyerah dan tidak juga menghilangkan kegeniussannya. Cerita einstein ini dapat memotivasi diri kita agar dapat seperti einstein yang terus bersemangat.
    di awal cerita, cerita ini langsung masuk ke pokok bahasan dan menceritakan apa yang ditemukan oleh einstein tetapi tidak dijelaskan secara merinci seperti masalah yang rumit yang tidak dimengerti oleh guru besarnya di baris kedua paragraf pertama. Kemudian ata-kata yang dijelaskan disini cukup mudah dimengerti. Pada akhir cerita terdapat sebuah filosofi yang ditulis. Filosofi yang ditulis sangat berkesan, tetapi dalam filosofi tersebut terdapat sebuah tanda tanya besar untuk menemukan maksud dari kata tersebut karena arti dari filosofi tersebut tidak diartikan secara jelas.

  9. nama : silvia radita
    nim : 4915122560
    cerita einsten ini bisa sangat menginspirasi kita. Dia selalu menemukan jawaban-jawaban dari permasalahan yang telah dia kerjakan. Masih banyak yang belum einstein mengerti tetapi dia terus dan tetap berusaha mencari sebuah permasalahan dari ketidakmengertiannya. Semangat einstein ini sangat patut di contoh karena dia tidak mudah menyerah dan tidak juga menghilangkan kegeniussannya. Cerita einstein ini dapat memotivasi diri kita agar dapat seperti einstein yang terus bersemangat.
    di awal cerita, cerita ini langsung masuk ke pokok bahasan dan menceritakan apa yang ditemukan oleh einstein tetapi tidak dijelaskan secara merinci seperti masalah yang rumit yang tidak dimengerti oleh guru besarnya di baris kedua paragraf pertama. Kemudian ata-kata yang dijelaskan disini cukup mudah dimengerti. Pada akhir cerita terdapat sebuah filosofi yang ditulis. Filosofi yang ditulis sangat berkesan, tetapi dalam filosofi tersebut terdapat sebuah tanda tanya besar untuk menemukan maksud dari kata tersebut karena arti dari filosofi tersebut tidak diartikan secara jelas.

  10. analisis saya tentang tulisan bapak adalah:
    1.Dia dapat menjelaskan intasan merkurius secara matematis.Seharusnya lintasan merkurius dijelaskan secara rinci agar si pembaca memahami apa yang dimaksud dengan lintasan merkurius.
    2. Apa yang dimaksud dengan kebenaran lebih mirip dengan horison hati,daripada horison samudera? seharusnya dijelaskan

  11. Nama : Arimbi Marsellia
    NIM : 4915120341
    KOMENTAR :
    yapp pak kebenaran memang tidak akan pernah ada ujungnya. mungkin saja kebenaran yang sekarang ini ada bukan merupakan kebenaran yang sesungguhnya. memang perlu keberanian dan kesungguhan hati yang konsisten untuk mengungkapkan kebenaran yang sebenar-benarnya. kita sering sekali menganggap ‘sesuatu hal’ itu sudah benar apabila diakui dan diyakini juga oleh orang banyak dan, terlebih lagi jika orang yang berkata tentang ‘sesuatu hal’ itu adalah orang besar atau orang yang kita anggap lebih tau dari kita passti kita langsung mempercayainya dan meyakininya.
    mengungkapkan kebenaran rasanya erat sekali dengan sikap keingin tahuan. rasa ingin tahu membuat kita mencari tahu akan suatu hal, rasa ingin tahu membuat kita ingin mencari banyak informasi dan membuat kita penasaran akan suatu hal, yang dapat membawa kita kepada fakta-fakta yang selama ini tidak kita ketahui.yang akan membawa kita kepada kebenaran-kebenaran yang selama ini tersembunyi.

  12. Setelah membaca tulisan diatas, menurut analisis saya Einstein memanglah seorang ilmuan terbesar yang karyanya tidak bisa diragukan lagi oleh dunia, bahkan pencapaiannya tersebut tidak biasa bagi seorang ilmuan. Ia mampu mengalahkan Newton atau siapapun. Mungkin dari semua ilmuan dunia Einstein –lah yang paling terkenal. Bahkan Einstein dapat meruntuhkan teori Newton, dan dia juga bisa menjelaskan lintasan merkurius secara matematis. Akan tetapi di tulisan tersebut belum ada penjelasan secara rinci, kenapa Einstein bisa menjelaskan lintasan merkurius secara matematis? Dan kenapa Newton tidak bisa menjelaskan lintasan merkurius tersebut secara matematis? Atau karena Einstein mengetahui banyak hal, dan ia dapat memecahkan banyak masalah rumit yang tak dimengerti, sehingga dia bisa menjelaskan lintasan merkurius secara matematis, atau karena hal lain?

    Selain itu kita dapat mempelajari banyak hal dari Einsten, seperti ketidak mengertiannya yang dapat membuat ia genius, karena ia tidak henti-hentinya untuk terus mencoba dan mencoba. Bahkan ia pernah merasakan kegagalan, karena ketekunan, keyakinan, dan pantang menyerah yang ia miliki. Ia membuktikan kepada dunia bahwa karyanya akan tetap abadi dan dikenang sepanjang masa. Bahkan saat kedua negara Jerman dan Inggris sedang berada dalam api peperangan, Teori Pembelokan Cahaya Einstein, dibuktikan oleh fisikawan Inggris yang bernama Eddington. Di sini Eistein membuktikan bahwa kebenaran yang sesugguhnya membutuhkan proses yang tidak singkat, diperlukan usaha dan kerja keras agar kebenaran tersebut dapat mengatasi keraguan.

  13. Einstein memang memiliki kegeniusan dan dia mau berusaha, berani dan tidak pernah berhenti mencari dan memburu sesuatu untuk mencapai kebenaran. Enstein mengajarkan kita sebagai manusia untuk belajar sungguh-sungguh, belajar tentang arti ketekunan dan memiliki keyakinan bahwa kebenaran pasti bisa terungkap asalkan kita mau bergerak dan berusaha mencari solusi atas sesuatu. Seperti itulah, Einstein saja bisa kenapa kita tidak bisa??
    “Tak ada penghuni terakhir dalam rumah kebenaran” menjelaskan bahwa kebenaran itu tak pernah berujung, terjadi tidak hanya pada satu titik, melainkan ke titik lain. sama halnya dengan bertanya, kita bertanya untuk mengulik agar bisa mengungkapkan jawaban yang sesungguhnya.

  14. semua manusia pasti mempunyai yang namanya kelebihan dan kekeurangan sepeerti juga einstein ,ia pernah gagal dalam hal percobaan tapi ia terus selalu ingin tahu dan terus berterus berang bahwa ia punya kekurangan dan harus mengoreksi diri seperti halnya berfilsafat yaitu merendahkan diri .Einstein selalu terus menyusuri lingkaran .Ia selalu mulai dari sebuah titik yang nantinya akan membuat suatu lingkaran .

    Einstein tahu dimana ia bisa menempatkan ilmu itu secara benar ,,bahwa ada saatnya ilmu tidak bisa menjawab adanya Kehadiran .Tuhan ..Dia mendukung bahwa sains itu akan mempunyai kekurangan dan Hanya Tuhan yang punya kebenaran sejati .Einstein tahu Sains itu bukan hanya membicarakan Ilmu yang berkaitan dengan alam ,tapi disisi lain setiap orang yang bersains itu harus lah beretika dan bermoral .

  15. Assalamualaikum, Wr. Wb
    nama : Annahal Eleista
    NIM : 4915120350
    Prodi : Pendidikan IPS, Reg 2012

    Setelah saya membaca dan menganalisis tentang sebuah tulisan yang berjudul “Einstein” karya Bapak Nusa Putra ini, bahwasannya saya telah menemukan sebuah pendapat menurut dari pada cara pandang atau cara berfikir saya tentang tulisan ini. pendapat saya akan tulisan ini yaitu :
    * Tulisan yang berjudul “Einstein” ini telah mengangkat banyak sekali tentang ilmu pengetahuan yang ada di dunia pendidikan ke dalam setiap alur tulisan tersebut. Tetapi di dalam tulisan ini, saya melihat bahwa ilmu pengetahuan yang lebih dikedepankan di dalam setiap alur tulisan yang ada yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
    >> seperti contoh kalimat di dalam tulisan ini yaitu : “Teori pembelokan cahaya yang dirumuskan Einstein yang bekerja di Jerman, dibuktikan oleh Eddington, fisikawan Inggris ,ketika kedua negara itu sedang berada dalam api peperangan”.
    * Selain di dalam tulisan ini terdapat banyak sekali ilmu pengetahuan, tetapi ada pula pandangan lain tentang tulisan ini yaitu penulis telah mencantumkan nama dari para tokoh atau para ilmuan di dalam bidang pendidikan IPA dan juga telah mencantumkan keunggulan yang telah dihasilkan oleh masing-masing tokoh atau ilmuan.
    >> seperti contoh kalimat di dalam tulisan ini yaitu : “Enstein mengetahui banyak hal, memecahkan banyak masalah rumit yang tak dimengerti bahkan oleh seniornya Max Planc. Dia meruntuhkan teori Newton yang telah bertahan dalam abad-abad yang panjang”.
    * Penulis selalu membandingkan masing-masing ilmuan di dalam setiap alur yang ada pada tulisan ini. Maksud dari membandingkan dalam hal seperti membandingkan keahlian-keahlian yang dimiliki oleh masing-masing ilmuan.
    >> seperti contoh kalimat di dalam tulisan ini yaitu : “Enstein mengetahui banyak hal, memecahkan banyak masalah rumit yang tak dimengerti bahkan oleh seniornya Max Planc. Dia meruntuhkan teori Newton yang telah bertahan dalam abad-abad yang panjang. Dia dapat menjelaskan lintasan merkurius secara matematis. Newton tak dapat melakukannya. Dia ilmuwan dan genius terbesar, melampaui Newton dan siapa pun. Tetapi, banyak hal yang tidak dia mengerti”.
    * Yang lebih unggul di dalam tulisan ini adalah : penulis sangatlah pandai dalam menyangkutpautkan antara (berbagai ilmu pengetahuan, para tokoh atau para ilmuan dan membandingkan keahlian masing-masing ilmuan) dengan (segala macam hal tentang kehidupan nyata atau realita kehidupan yang ada di dunia ini dan juga yang telah dialami oleh setiap manusia).
    >> seperti contoh kalimat di dalam tulisan ini yaitu : “Kebenaran memang selalu mengatasi keraguan, meski tak pernah mudah. Kebenaran memang tak pernah berujung. Kebenaran lebih mirip horison hati, daripada horison samodra, misterius dan terus menantang untuk diungkapkan. Karena itu filsuf besar Imanuel Kant percaya selain fenomena ada noumena, benda pada dirinya sendiri yang tak pernah bisa kita masuki dan mengerti. Sekarang kutegaskan padamu, TAK ADA PENGHUNI TERAKHIR DALAM RUMAH KEBENARAN! *(Nusa Putra)”.
    * Dibalik ada pendapat yang positif pastilah akan ada pula pendapat yang negatif. pendapat yang negatif tersebut yaitu penulisan perkata dan perkalimat masih kurang dimengerti arti dari pemahaman kata atau kalimat tersebut. Kenapa saya katakan seperti itu?. Karena jikalau ada orang awam yang membaca tulisan ini, mungkin orang tersebut tidak akan faham dengan perkataan setiap alur yang ada di dalam tulisan ini atau bisa faham tapi daya penalarannya agak sedikit lama.

    itulah pendapat yang saya berikan untuk tulisan ini. maaf sebelumnya jika ada salah-salah kata dan terima kasih🙂

  16. Assalamualaikum, selamat malam pak Nusa dosen kita yang ganteng ehehe .. .. maaf telat pak
    saya Dimas Bagus W (PIPS REG 2012)

    Dalam tulisan ini, saya teringat tokoh pewayangan Bima (pandawa) yang juga menemukan sisi lain dalam dirinya di sungai Gangga (dalam versi India) dan sungai Opak Jawa Tengah (dalam versi Jawa) untuk mencari jati diri atau kebenaran hakiki dalam hidupnya. Begitu pula kebenaran dalam versi Einstein yang kerap kali harus terus digali dan bahkan dicari karena mungkin bisa terlihat hilang dalam pikiran kita, namun begitu secara sadar Einstein mengakui keterbatasannya dengan terus mencari dimana letak kebenaran itu dalam semua hal bahkan kebenaran itu sendiri.

    Hasil dari pengetahuan konsep, yang apabila dikaitkan dengan kebenaran maka konsep kebenaran secara teoritis akan menghasilkan sebuah jawaban yang benar seperti dilansir oleh Saifur Rahman dalam bukunya FILSAFAT DARI TITIK NOL, yaitu “JIKA DAN HANYA JIKA KONSEP BENAR, MAKA OBJEK BENAR” atau kalimat tersebut sama dengan “JIKA DAN HANYA JIKA KONSEP DAN OBJEK BENAR, MAKA PENGETAHUAN BENAR” disini diperoleh sebuah gambaran yang pasti tentang kebenaran yang menjadi rahasia kejeniusan Einstein, tentang kebenaran yang harus terus dicari tanpa mengenal kata salah untuk menyanggah jawaban dari pertanyaan kebenaran karena PERTANYAAN YANG SALAH AKAN MENGHASILKAN JAWABAN YANG SALAH.

    Einstein dengan segala kemampuan otak yang dia miliki sungguh sangat mengesankan, namun begitu Einstein tetaplah manusia biasa yang besar kemungkinan dia membenarkan ide atau teori yang dia buat sendiri dan kemudian menyalahkan kebenaran ide atau teori tersebut pada kesempatan lain. Oleh karena itu keraguan adalah sebuah pertanyaan atau objek bagi konsep kebenaran, sekaligus solusi atas keraguaan dari kebenaran itu sendiri.

    Terima kasih, Wassalamualaikum . ..

  17. Menurut analisa saya, enstein adalah manusia biasa yang mempunyai kemampuan lebih dari manusia biasanya. Tentu bukan kemampuan yang tiba-tiba ia miliki sejak lahir, tapi kegeniusannya dalam setiap mencari cara, solusi, dan ketekunannya disetiap menghadapi masalah kehidupan. Kegeniusan otak enstein tentu tidak sembarang dimiliki oleh manusia-manusia lain, yang mampu menyelesaikan masalah rumit yang tidak bisa dimengerti seniornya Max Planc, serta meruntuhkan teori newton yang telah berabad-abad bertahan. Tentu ini menjadi daya tarik enstein atas kegeniusannya sebagai manusia. Tetapi yang harus kita tahu bahwa enstein juga berfikir seperti manusia pada umumnya, banyak hal yang ia belum mengerti yang justru ketidakmengertiannya menjadikan ia manusia yang sangat genius, karena ia tidak pernah berhenti mencari dan memburu kebenaran dari hal yang belum ia mnengerti.

    Dalam teori pembelokan cahaya yang dirumuskan enstein yang dibuktikan oleh Eddington, fisikawan Inggris ,ketika kedua negara itu sedang berada dalam api peperangan, bahwa “Kebenaran memang selalu mengatasi keraguan, meski tak pernah mudah. Kebenaran memang tak pernah berujung”. Bahwasannya kebenaran itu adalah sesuatu yang bisa disebut lazim dan tidak lazim untuk dilakukan. Kebenaran adalah sesuatu yang mampu kita cari dan kita lakukan, tapi kebenaran yang sesungguhnya adalah sesuatu yang tidak mudah pula dan tak akan pernah berujung. Tapi dibalik kegeniusan enstein kebenaran justru tujuan utamanya yang menjadikan dirinya tak pernah henti-hentinya ia cari, dan menjadi sesuatu yang menantang dirinya untuk terus menekuni dan meyakini suatu kebenaran.

  18. Sebuah Teori, Ilmu pengetahuan pastilah lahir dari buah pikir dan ide manusia, yang bersumber dari fenomena-fenomena yang terjadi disekitar manusia. Manusia bertanya untuk mendapatkan jawaban sespesifik mungkin tentang apa, bagaimana, dan mengapa, suatu fenomena itu bisa terjadi. Berakar dari pemikiran seperti itulah, filsafat ilmu berkembang.

    Keingintahuan dan keraguan akan suatu fenomena, membuat mausia bertanya-tanya hingga mereka mendapatkan jawaban yang spesifik. contohnya seperti yang dijelaskan pada tulisan berjudul “EINSTEIN”. dimulai dengan penelitian dengan pertanyaan bersifat ontologi, seperti apa kah benar besar, kecil suat objek itu mutlak atau relatif? apakah hukum relativitas dan teori pembengkokan cahaya dapat dibuktikan keenarannya? epistemologi ,dengan menggunakan metode dan prosedur untuk memecahkan permasalahan dengan pertanyaan “bagaimana” dan aksiologi tentang nilai kegunaan teori ini bagi ilmu pengetahuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa filsafat ilmu dapat memecahkan keraguan akan kebenaran. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa kebenaran yang kita anggap benar saat ini belum tentu benar dihari yang akan datang.

    kamilia FH.

  19. Saya setuju dengan apa yang bapak ungkapkan dalam tulisan eisntein ini. Seperti yang bapak katakan di awal kalimat, bahwa “dalam banyak ketidakmengertian kita sebagai manusia, kita toh dapat mengungkapkan banyak hal jika memiliki kesungguhan, ketekunan, dan keyakinan.” Saya coba terapkan dalam kehidupan saya. Terkadang saya tidak mengerti kenapa saya melakukan beberapa hal yang saya sendiri pun sukar untuk mengetahui jawabannya. Tapi saya selalu mencoba untuk tetap menjalani nya dengan sungguh-sungguh dan penuh ketekunan seraya berharap bahwa di ujung atau di tengah perjalanan nanti, mungkin saya akan menemukan alasan yang sebenarnya mengapa saya melakukan hal-hal ini. Dan pepatah yang mengatakan “good things come to those who wait” akhirnya terwujud. Saya mulai memahami rahasi-rahasia kecil Tuhan yang telah Dia buat untuk saya. Dan saya benar-benar bersyukur atas kebenaran-kebenaran yang telah Tuhan tunjukkan untuk saya.

  20. luar biasa sekali dengan einsten, karena dia tak pernah menyerah sampai-sampai setiap ada kesulitan dia tetap atasi dan tak meyerah. luar biasanya juga kejeniusannya tak gugurkan dalam sebuah masalah yang dia hadapi. mengapa ia bisa menyelsaikan semua masalah itu di karnakan dengan keyakinan dan kesungguhannya. ada sebuah riwayat yang menjelaskan “barang siapa yang bersungguh-sungguh ia akan mendapatkannya” einsten pun sama karena kesungguhannya ia bisa menyelsaikan semuah permasalahannya .

  21. Nama: Windi Fauziah
    No. Reg: 4915122521 (PIPS Reg 2012)
    Einstein membuktikan bahwa dalam keterbatasannya dia mampu pula membuat dan membuktikan teori-teorinya dan berhasil menjawab fenomena-fenomena alam yang belum mampu dijawab oleh teori fisika yang dihasilkan oleh pendahulunya, Newton. ia merupakan sosok yang pantang menyerah karena ia yakin bahwa setiap manusia itu tidak luput dasri kesalahan. dan einstein dapat membuktikan bahwa dia mampu mengungkapkan teori-teorinya. dan ia juga yakin bahwa jika itu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, ia dapat membuktikannya kepada semua orang. meskipun sebenarnya bahwa semua kebenaran itu belum tentu benar adanya.

    Pada sewaktu kecil, einstein pernah mengalami sakit yang membuatnya harus berbaring di tempat tidur untuk beberapa waktu. dari situlah ia bertekad untuk menguak hal-hal yang terjadi di alam semesta ini. dia memiliki keyakinan yang sangat kuat dan sikap pantang menyerah. sampai akhirnya teori einstein dibuktikan oleh eddington. dari kisah tersebut dapat diambil suatu pembelajaran bahwa einstein merupakan orang yang mampu berdiri tegak diantara kekurangannya selama ini.

    Dari tulisan di atas, penulis mengungkapkan kelebihan dari einstein. padahal kita tahu bahwa tulisannya mengandung kontroversi diantara ilmuwan pada saat itu. penulis mengungkapkan dari sisi kejeniusan seorang einstein dan kegigihannya dalam membuktikan teori-teori fisikanya selama ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s