DAYA JUANG, MEGABINTANG DAN KEBERUNTUNGAN

DAYA JUANG, MEGABINTANG DAN KEBERUNTUNGAN

(Catatan kecil untuk pilpres yang makin hangat)

 

Piala dunia selalu menjadi panggung drama yang menguras emosi. Seringkali tragis dan sangat dramatik. Kemenangan yang sudah di pelupuk mata, dalam hitungan detik bisa sirna. Negara favorit juara yang diperkuat pemain jempolan dan mega bintang bisa terseok dan tersuruk justru pada awal kompetisi. Pulang sebelum waktunya.

 

Inilah drama Portugal melawan Amerika Serikat. Nani membuat gol cepat pada menit kelima. Gol balasan baru bisa dikesatkan dengan indah oleh Jermain Jones pada menit ke 64. Kemelut di depan gawang Portugal pada menit 81 memberi kesempatan pada Clint Demsey mencetak gol dengan badannya. Pemain Portugal tampak sangat terpukul. Pelatihnya kelihatan sedih dan kecewa. Para penonton Portugal seperti susah bernafas. Wajah sedih memenuhi satdion. Sedangkan penonton Amerika Serikat bersorak dan menari. Klinsmans tampak terus tersenyum.

 

Amerika Serikat dan Portugal sama-sama memasukkan pemain pengganti. Pertahanan Amerika Serikat makin sulit ditembus. Badai sedangan Portugal selalu patah di depan gawang. CR7 kelihatan kecewa beberapa tendangannya tidak mengarah ke gawang. Saat berhadapan dengan kiper, ia dinyatakan offside. Amerika Serikat bahkan masih melakukan serangan balasan.

 

Para pemain Portugal terus meningkatkan daya juang dengan tak henti-henti mengejar bola. Tampak mereka tetap fokus menyerang. Pemain Amerika Serikat kurang hati-hati, di daerah gawang Portugal bola yang dikuasainya lepas. Pemain Portugal bergerak cepat. Bola disodorkan pada CR7. Dari sayap kanan ia memberi umpan sangat terukur ke ujung kiri gawang.pemain Amerika Serikat agak terlambat. Silvestre Varela menanduk bola, dan gol.

 

Klinsman terdiam dan tampak sangat kecewa. Penonton Portugal berteriak dan menari. Bola ditaruh di titik putih di tengan lapangan. Baru saja pertandingan dimulai lagi. Wasit meniup pluit panjang. Jika saja gol itu tak ada, Amerika Serikat dipastikan lolos. Kini secara matematis keempat kesebelasan dalam grup ini memiliki peluang yang sama untuk lolos. Pertandingan terakhirlah yang menentukan siapa yang lolos. Tragis dan menyakitkan bagi Amerika Serikat. Meski hasil ini sangat mengecewakan, setidaknya harapan Portugal masih ada untuk lolos. Gol pada menit ke 95 itu memang sangat bermakna.

 

Sejak awal, sepanjang, sampai akhir pertandingan, pemain kedua kesebelasan menunujkkan daya juang tinggi. Saat Amerika Serikat ketinggalan, pemainnya dalam kekompakan tim yang padu terus menerus menyerang, mereka dengan cepat mengalirkan serangan balik. Pada kala akhirnya Portugal ketinggalan, dan waktu pertandingan hampir berakhir, semua pemainnya bergerak cepat untuk menyerang. Dan saat inilah kelihatan apa fungsi, kepentingan dan nilai seorang megabintang. Kerja keras semua pemain berpuncak pada upaya CR7 yang secara terukur dan akurat memberi umpan matang yang menghasilakn gol.

 

Hal yang sama terjadi dengan Messi saat menghadapi jalan buntu di gawang Iran, dan terus menerus diserang. Sejumlah peluang matang terjadi di gawang Argentina, namun gol tidak juga tercipta. Baik pemain Irang dan Argentina sama-sama mempertontonkan daya juang yang sangat tinggi dan prima. Bedanya, Argentina punya seorang Messi, megabintang yang hanya dalam hitungan detik merubah semuanya dengan golnya yang sangat cantik, benar-benar kinerja individual seorang megabintang.

 

Bersebalikan dengan Portugal dan Argentina adalah Costa Rica. Tak ada megabintang di situ. Karena itu seperti Amerika Serikat dan Iran permainan mereka benar-benar mengandalkan kekompakan dan soliditas tim. Karena merasa bukan unggulan justru daya juang mereka luar biasa. Pemain Costa Rica yang bukan megabintang juga dapat membalikkan keadaan pada saat yang tepat dan membuat lawannya, mantan juara dunia, Uruguay dan Italia, keok dan harus berperang habis-habisan untuk memperebutkan satu tiket tersisa agar bisa lolos.

 

Sementara itu serangan Iran bertubi-tubi ke gawang Argentina memberi kesempatan penyerang-penyerang Iran berhadapan dengan kiper. Namun tendangan dan tandukan mereka bisa diselamatkan penjaga gawang atau terkena mistar. Apakah kegagalan membuat gol ini disebabkan kualitas pemain yang kurang tenang dan tergesa-gesa yang menunjukkan kekurangmatangan? Atau memang pada akhirnya keberuntunganlah yang menentukan?

 

Agar berhasil dalam kompetisi dan hidup, setiap manusia memang harus memiliki daya juang tinggi. Terus mengasah kemampuan agar bisa memenuhi segala persyaratan untuk mencapai tujuan, dan terus melatih diri melalui beragam pengalaman, sehingga siap menghadapi situasi apapun. Segala upaya harus dilakukan agar cita-cita tercapai.

 

Namun haruslah sejak dari awal disadari bahwa pada akhirnya kesuksesan untuk mencapai tujuan, memenuhi cita-cita rupanya tidak bisa sepenuhnya kita tentukan. Meskipun kita telah usahakan semua persyaratan dan melakukan upaya maksimal. Ada faktor keberuntungan yang kita tidak pernah tahu apa persyaratn dan persiapan yang harus dilakukan untuk meraihnya.

 

Kesadaran ini perlu ditanamkan agar beragam upaya yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan itu haruslah yang tidak bertentangan dengan nurani, moralitas dan akal sehat. Sebab, apapun bisa dilakukan, termasuk menghalalkan segala cara. Namun, tidak ada jaminan bahwa keberhasilan akan didapat dan tujuan akan tercapai.

 

Inilah hakikat hidup manusia. Dia boleh dan bisa upayakan apapun sekuat tenaga. Tetapi tetap saja hasil akhir bukan dia penentunya. Fakta ini memang sangat menyakitkan, tetapi demikianlah adanya.

 

MANUSIA BISA USAHAKAN APA SAJA DENGAN DAYA JUANG TINGGI UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN, TETAPI TETAP SAJA BUKAN DIA PENENTUNYA.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s