COSTA RICA: KEMENANGAN ADALAH OBAT KUAT

COSTA RICA: KEMENANGAN ADALAH OBAT KUAT

 

Pada mulanya Costa Rica adalah anak bawang. Sama sekali tak diperhitungkan dalam grup neraka yang terdiri dari mantan juara dunia. Di luar dugaan perhitungan siapa pun, mereka lebih dulu lolos, bahkan juara grup. Semua orang terperangah, kaget bukan main. Apalagi tak ada pemain bintang dalam tim itu.

 

Begitupun dengan Yunani yang dianggap tim Eropa terlemah dalam piala dunia kali ini. Mereka memulai babak penyisihan dengan kekalahan telak 3-0 dari Kolumbia, dan hanya seri melawan Jepang. Rupanya negeri para dewa dan filsuf yang sedang mengalami krisis keuangan ini bernasib baik. Pada pertandingan terakhir di menit terakhir mereka dapat penalti. Akhirnya mereka menyingkirkan Pantai Gading yang hanya butuh seri.

 

Kala Costa Rica bertemu Yunani, Costa Rica lebih diunggulkan. Banyak pengamat yang memperkirakan pertandingan akan kurang menarik karena keduanya memiliki pola yang sama yaitu cenderung bertahan. Ternyata perkiraan itu meleset. Keduanya saling menyerang. Hasil akhir babak pertama 0-0.

 

Baru enam menit babak kedua berjalan, kapten Costa Rica, Ruiz yang bermain di Fulham mampu mengecoh kiper Yunani yang bengong melihat bola masuk di sudut yang jauh dari tempatnya berdiri. Namun petaka bagi Costa Rica, Duarte dapat kartu kuning kedua fan harus keluar pada menit 66.

 

Dengan sepuluh pemain, Costa Rica diserang habis oleh Yunani. Untunglah kiper Costa Rica, Navas bermain gemilang sehingga. Gawangnya tetap aman. Namun, pada menit tambahan akhirnya gawangnya bobok juga.

 

Babak tambahan berlangsung lebih terbuka. Kedua kesebelasan sama-sama membuat peluang. Tetapi tak ada tambahan gol. Akhirnya terjadi drama adu penalti. Semua penendang Costa Rica berhasil memasukkan bola. Kedudukan akhir penalti adalah 5-3. Costa Rica membuat sejarah, masuk 8 besar piala dunia. Yunani harus pulang kampung lebih dulu.

 

Kemenangan telah menjadi obat kuat bagi Costa Rica. Tampaknya mereka sungguh merasakan prinsip, siapa pun yang tak bisa kalahkan, membuat kita bertambah kuat. Menurut Darwin, dengan cara inilah binatang purba seperti buaya, komodo, ular, dan kura-kura bertahan sampai hari ini. Melewati waktu yang panjang dan tantangan yang semakin berat, mereka tetap bertahan dan terus berkembang biak, sedangkan yang lain gugur satu persatu atau terpaksa menyesuaikan diri.

 

Kemenangan memang memberi rasa bahagia, kesenangan dan kepuasan. Akibatnya yang merasakan kemenangan bertambah kuat, meningkat rasa percaya diri, dan melejit semangat juangnya. Kemenangan memberi dampak luar biasa sebagaimana orang yang jatuh cinta.

 

Bila jatuh cinta, orang mau dan mampu lakukan apa saja. Bahkan melakukan tindakan-tindakan tak terduga. Tak ada rasa takut dan khawatir. Semuanya dihadapi dan dilakoni dengan semangat membara. Inilah efek kimiawi kemenangan pada otak.

 

Kemenagan juga meningkatkan harapan dan aspirasi untuk terus meningkat lebih tinggi. Tentu ada bahaya di sini. Saat orang mabuk kemenangan, larut tenggelam dalam eforia berlebihan dan kehilangan kendali serta orientasi diri. Karena kemenangan kadang seperti narkoba. Memberi kenikmatan sekaligus mendorong kecanduan.

 

Inilah bahaya tersembunyi kemenangan yang seringkali justru menghancurkan para pemenang. Padahal dalam kompetisi, pemenangnya adalah yang memenangi pertandingan terakhir yang pastilah semakin sulit.

 

Sebab kompetisi adalah jalan mendaki yang semakin meninggi. Hanya mereka yang sangat kuat, fokus, sabar, dan hati-hati yang akan sampai ke puncak kejayaan. Kesalahan sekecil apapun akan menjungkirbalikkan keadaan, dan membuat sang pemenang sementara tergelincir dan jatuh.

 

Apalagi yang harus dihadapi adalah Belanda yang sejauh ini belum pernah kalah. Meskipun saat melawan Meksiko mereka sempat keteteran dan kalah lebih dulu.

 

Saat dua pemenang bertemu, cobaan dan tantangan semakin berat. Pemenangnya adalah siapa yang paling bisa kendalikan diri agar tidak tenggelam dalam eforia kemenangan. Dan sepenuhnya menyadari bahwa setiap kemenangan adalah langkah awal untuk perjuangan yang lebih keras dan berat.

 

Juga ada godaan, apakah mau memeroleh kemenangan dengan cara-cara yang terhormat dan sportif, atau mencarakan segala yang haram demi kemenangan.

 

Mereka yang meyakini kemenangan adalah cara terhormat mencapai kemuliaan pastilah tak akan mau mendapatkan kemenangan dengan cara-cara yang menjijikkan.

 

KEMENANGAN ADALAH HASIL KERJA KERAS DAN SPORTIVITAS.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s