SEJARAH BARU (Pentingnya dukungan keluarga bagi kestabilan, ketahanan jangka panjang, dan kemenangan)

 

Jerman juara dunia. Ini sejarah baru. Eropa juara di Amerika. Ini pembalasan atas gelar juara Brazil yang didapatkan di Swedia. Jerman sangat pantas jadi juara. Mereka tidak mengubah pola dan gaya permainan seperti saat menggilas Brazil, terus menyerang.

 

Tampaknya pelatih Jerman percaya bahwa pertahanan terbaik adalah menyerang. Praktis Argentina hanya mengandalkan serangan balik. Messi sungguh tak berdaya kali ini. Gol Higuain yang dianulir wasit merupakan hasil serangan balik yang memang berbahaya. Hanya sedikit peluang yang didapat Argentina.

 

Jerman menguasai bola hampir 70 persen. Pada babak pertama beberapa pemain Jerman mulai tampak tertekan karena tsunami serangan mereka tak juga hasilkan gol karena kiper Argentina Romero bermain gemilang. Tekanan itu membuat beberapa pemain terpancing bermain kasar dan dua pemain Jerman diganjar kartu kuning.

 

Pada babak kedua Jerman terus menyerang dari semua lini. Tak juga hasilkan gol. Babak pertama tambahan waktu masih juga tak ada gol meski serangan Jerman terus mengalir. Akhirnya gol terjadi justru dengan serangan balik. Goetze yang baru dimasukkan berhasil mengecoh Romero, 1-0. Dan itulah satu-satunya gol dalam pertandingan yang memang tidak seimbang ini.

 

Jerman sempat mengkhawatirkan saat bertanding dengan Ghana dan seri 2-2. Bermain habis-habisan saat mengalahkan Amerika Serikat 1-0. Tetapi manjadi sangat luar biasa waktu melibas Brazil 7-1. Sementara Argentina tampak lebih stabil dan dan terus meningkat tampilannya. Saat lawan Belanda mereka bisa konsisten tetap menyerang meski tak hasilkan gol. Namun, pada pertandingan final ini, mereka sejak awal terus diserang dan tak mampu membalikkan keadaan.

 

Wajar bila Messi berwajah sangat sedih meski mendapat bola emas sebagai pemain terbaik. Apa gunanya berhasil secara pribadi tetapi timnya tidak menjadi juara? Sepak bola adalah permain tim. Keberhasilan haruslah diraih dan dirasakan oleh seluruh tim sebagai juara.

 

Jerman sangat pantas menjadi juara. Mereka bermain menyerang dan sangat konsisten untuk terus menyerang. Saat sudah menang dua gol lawan Brazil, mereka terus menyerang, tidak bertahan. Mereka sungguh menunjukkan sepak bola positif. Menyerang dan terus menyerang, meskipun telah menang.

 

Sungguh tim terbaik dengan permainan menyeranglah yang pantas menjadi juara. Karena mereka telah tunjukkan bagaimana sesungguhnya bermain sepak bola positif dan menang karena terus menyerang.

 

Ada pemandangan menarik setelah pertandingan usai. Para anggota keluarga pemain Jerman muncul di lapangan dan menyambut kemenangan ini bersama-sama. Istri, anak, dan kekasih para pemain ikut merayakan kegembiraan. Wajah mereka menunjukkan ekspresi kebahagiaan luar biasa.

 

Sungguh, pemandangan ini menegaskan betapa pentingya keluarga sebagai pendorong keberhasilan. Apa jadinya jika para lelaki berjuang mati-matian, tetapi tak ada istri atau keluarga yang mendampingi, mendorong, memberi semangat dan mendoakan? Betapa indah, saat Podolski merayakan kemenangan sambil menggendong anaknya.

 

Keluarga adalah dangau dan oase para lelaki pejuang. Rasakan kebahagiaan dan keindahan saat para suami dan kekasih merayakan kemenangan, para istri, anak dan pacar berkumpul di bangku pemain. Sungguh ini kemenangan yang sangat manis dan membahagiakan. Indahnya saat Klose memangku kedua anaknya bersama seluruh pemain dan sejumlah anak pemain lainnya merayakan kegembiraan di lapangan. Ini kemenangan dan kebahagiaan bagi seluruh orang Jerman.

 

Piala dunia adalah kompetisi yang ketat, keras, dan menegangkan. Setiap pemain butuh dukungan moral dan mental. Mereka butuh dangau untuk istirah dari kelelahan tubuh dan keletihan hati. Para istri dan keluargalah dangau itu. Para pemain juga butuh oase untuk meneguk kesegaran setelah melalui pertandingan demi pertandingan yang sungguh menegangkan urat syaraf dan mencekam otot. Para istri, keluarga dan kekasih adalah oase yang bisa tuntaskan dahaga yang terlalu karena ketegangan dan tekanan berat.

 

Kompetisi yang sangat menekan mendera ini membutuhkan kemampuan untuk fokus dan tetap sabar dalam tekanan. Meniscayakan kestabilan mental dan kekuatan moral untuk mencapai tujuan utama yaitu kemenangan demi kemenangan agar menjadi juara. Keluarga adalah kekuatan luar biasa yang bisa menjaga itu semua. Bayangkan bila lelaki harus terus berjuang di bawah tekanan terus menerus tanpa keluarga yang sabar mendampingi dan terus memberi semangat. Akan jadi apa lelaki itu? Bisa saja ia hanya akan menjadi benten ketaton yang hanya bisa menabrak dan menanduk, berlari tanpa arah, dan menghancurkan apa saja. Betapa mengerikan.

 

KELUARGA ADALAH KEKUATAN LUAR BIASA YANG BISA MEMBUAT PARA LELAKI MENJADI PEJUANG SEJATI.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s