STRATEGI JITU MENANG PILPRES: KEDUA, HADAPI KAMPANYE HITAM DAN FITNAH SEPERTI MAIN GAMES ANGRY BIRDS

 

Inilah dunia kita yang sesungguhnya. Berisi orang baik dan jahat. Dari dulu sampai kiamat seperti itu. Malah mendekati kiamat makin banyak yang jahat. Karena hyper kejahatan akan muncul yaitu dajjal dan para pengikutnya dajjali. Mereka sangat suka memutarbalikkan kebenaran. Fitnah sudah menulangsum-sum bagi mereka.

 

Puji Tuhan, elektabilitas Anda elok, sedangkan elektabilitas kompetitor anda elek. Tampaknya mereka sangat panik mengahadapi kenyataan ini. Seharusnya mereka merencanakan dan memeraktikkan strategi yang cerdas dan elegan untuk mengejar dan melampaui elektabiltas Anda. Karena strategi kampanye sungguh menggambarkan karakter yang berkampanye dan model kepemimpinannya.

 

Apa boleh buat, yang menonjol justru kampanye hitam dan fitnah keji. Fitnah yang dipadati oleh isu-isu SARA. Para pembuat fitnah itu, siapa pun mereka, sungguh tak fikirkan akibatnya bagi keutuhan bagsa ini. Tampaknya nafsu ingin menang telah merubah mereka menjadi dajjali. Anak cucu dajjal. Menghalalkan segala cara, dan tak pedulikan moral serta etika.

 

Hadapi situasi ini seperti main games. Tetap fokus, positif, dan gembira. Jangan terpengaruh untuk membalas dengan cara yang sama, karena Anda memang orang yang berbeda dan dikenal berkarakter baik. Jangan pernah menghadapi dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Cara seperti itu tak bagus.

 

Kitab suci memberi Anda tiga pilihan jika dijahati. Pertama, balas dengan setimpal. Kedua, maafkan. Ketiga, balas kejahatan itu dengan kebaikan. Pilih saja yang kedua dan ketiga. Mengapa tidak memilih yang pertama? Karena cara Anda merespon sangat menegaskan siapa sebenarnya Anda.

 

Lihatlah anak-anak yang sedang main games. Mereka gembira dan terus tertawa. Meski berganti menang dan kalah. Apalagi jika yang dimainkan angry birds. Games yang sangat populer di seluruh dunia.

 

Musuh utama para burung itu adalah para babi. Babi-babi itu curang, licik dan pengganggu. Jumlah mereka sangat banyak. Mereka ngeledek, ngenyek, dan mengejek sambil bersembunyi. Persembunyian mereka harus dibongkar agar bisa dikalahkan.

Pada awal permainan pastilah sangat mudah. Agar tingkat kesulitannya tinggi dan mendapat nilai banyak, jangan hanya mengalahkan babi-babi itu, dapatkan tiga bintang. Itu artinya babi-babi jahat dan iseng itu harus digilas habis.

 

Makin lama dan tingkatnya menaik, tingkat kesulitannya juga makin sulit. Babi-babi itu makin banyak, makin riuh ejekannya, dan posisi sembunyinya semakin sulit dibongkar. Perlu kerja keras dan fokus. Ada beberapa hal yang pantas dicermati.

 

Pertama, babi-babi itu memang sangat mengesalkan, karena sifat dasarnya adalah, Anda senang dia senep. Anda senep dia senang. Karena itu apapun keadaannya, Anda harus tetap senang agar dia tetap senep. Jika senep dia tambah marah. Bila tambah marah, dia makin panik dan tak bisa kendalikan diri. Jadi lebih mudah mengalahkannya.

 

Kedua, gunakan senjata yang tersedia dengan tepat dan hati-hati. Untuk itu, Anda harus fokus. Jangan tergoda dengan polah tingkah babi-babi itu. Babi-babi itu memang sangat berbeda dengan Anda yang langsing. Karena itu Anda memiliki lebih banyak kebebasan bergerak dan cepat bereaksi. Sebaliknya, babi-babi itu gendut karena tidak bisa menahan diri memakan apa saja, halal haram dihantam. Akibatnya mereka lebih lambat. Bila Anda fokus, waspada dan hati-hati, mereka mudah dikalahkan meski jumlahnya sangat banyak dan perlindungannya kokoh.

 

Karena permainan angry birds ini tingkatannya sangat banyak, dibutuhkan daya tahan jangka panjang dan kesabaran untuk memenangkannya. Di sinilah ujian sesungguhnya. Bagaimana tetap fokus dalam jangka panjang, tidak terpancing emosi dan tidak melakukan tindakan yang tidak perlu.

 

Ingat piala dunia kemarin. Kapten Brazil yang merupakan pemain bawah terbaik dan pengatur serangan, melakukan tindakan yang tidak perlu dan dikartu kuning. Akibatnya dia tidak boleh main saat melawan Jerman karena terkena dua kartu kuning. Kekalahan atas Jerman sampai 7-1, antara lain karena ia tak bermain. Tindakan tidak perlu karena terpancing emosi, memang bisa berakibat fatal. Hal yang sama dilakukan Suarez. Akibatnya Uruguay tersingkir.

 

Karena itu tetap sabar sangat penting. Di dalam kitab suci ditegaskan, jadikanlah shalat dan sabar sebagai senjata. Shalat itu harus khusyu’ atau fokus. Jadi fokus dan sabar itu merupakan tindakan paling baik menghadapi para babi penggoda dan pengganggu.

 

Pada tingkat yang lebih tinggi, babi-babinya bukan saja bertambah banyak, juga bertambah besar. Pastilah menjadi makin sulit menghadapi dan mengalahkannya. Pada tingkat ini selain tetap fokus dan sabar, Anda harus lebih cermat memanfaatkan senjata yang terbatas. Harus betul-betul berhitung sebelum menggunakan senjata yang ada. Efektivitas sangat penting. Bagaimana caranya dengan senjata yang terbatas bisa mengalahkan babi-babi yang makin tak terkendali itu. Saatnya untuk mengembangkan kreativitas.

 

Mana mungkin Anda bisa kreatif jika tidak dalam kondisi menyenangkan dan gembira. Di sini berlaku prinsip, jangan sedih, jangan panik, gembiralah. Tetap gembira dalam situasi apapun. Kegembiraan itu merupakan tanda bahwa Anda tetap bisa kendalikan diri, tetap fokus, dan sama sekali tidak terganggu dengan polah tingkah dan kekuatan babi-babi gendut itu.

 

Mengapa tokoh utama permainan ini burung? Burung itu lincah, bisa terbang bebas ke sana ke mari, dan tetap berkicau gembira menghadapi apapun. Burung-burung dalam permainan ini jumlahnya juga banyak, penuh warna, tidak satu warna, dan merupakan kumpulan burung yang sangat beragam, bukan hanya satu jenis burung dengan warna tunggal.

 

Karena hanya burung-burung yang banyak, penuh warna dan selalu gembira yang bisa menang melawan babi-babi jahat. Seberapa banyak dan besar pun babi-babi itu. Itulah yang membuat permainan angry birds itu menarik.

 

Angry birds itu menghibur dan menggembirakan. Insya Allah, Anda akan menang bila tetap fokus dan gembira hadapi kampanye hitam dan fitnah yang sangat keji.

 

Jika ditelusuri sejarah panjang kemanusiaan. Orang-orang yang benar dan membawa kebenaran memang selalu menghadapi fitnah yang keji. Socrtes difitnah oleh para penguasa yang ketakutan karena Socrates mengajarkan kekritisan pada semua orang terutama generasi muda. Nabi Yusuf AS difitnah karena ia jujur dan konsisten. Nabi AS Isa juga difitnah oleh Pilatus dan para agamawan Jahudi karena membawa ajaran kebenaran dan keadilan. Nabi Muhammad SAW berkali-kali difitnah karena ia jujur, amanah dan membawa kebenaran.

 

Kampanye hitam dan fitnah tampaknya memang merupakan senjata utama orang-orang jahat setiap zaman, dari zaman ke zaman.

 

Menggunakan kampanye hitam itu mencerminkan banyak hal sekaligus. Mereka yang menggunakannya adalah orang-orang yang panik dan putus asa menghadapi kenyataan yang tak dinginkan. Kampanye hitam dan fitnah adalah pantulan atau refleksi pembuat dan penggunanya. Makin hitam dan keji isinya, itulah isi hati dan fikiran pembuat dan penggunanya.

 

Karena itu kampanye hitam dan fitnah itu menegaskan bahwa pembuat dan penggunanya tak percaya diri, bahkan tak punya jati diri. Mereka bodoh dan dihantui oleh fikiran kotor yang nyembul dari hati dan fikiran mereka sendiri yang kotor.

 

Karena itu tak usah buang waktu untuk tanggapi kampanye hitam dan fitnah. Tetaplah berjalan dengan seluruh kebaikan dan keunggulan Anda. Berbicaralah pada siapapun tentang visi, misi dan program-program Anda. Tampilkan bukti-bukti yang memang Anda miliki sebagai hasil kerja keras Anda selama ini. Insya Allah, Anda akan menang.

 

Biarkan kampanye hitam dan fitnah itu membakar habis pembuat dan penggunanya, sehingga mereka akan hangus, dan hitam karena terbakar perbuatannya sendiri.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s